Eksistensi Desain Tongkonan terhadap Penggunaan Material Pabrikasi di Desa Panta’nakan Lolo, Toraja Utara

Ratna Safitri

Abstract


Maraknya globalisisi yang banyak membawa perubahan dalam proses konstruksi dan penggunaan material bangunan pada arsitektur vernakular perlahan-lahan terjadi di daerah-daerah di Indonesia. Hal ini juga tak luput terjadi perubahan tersebut pada daerah di Toraja, Sulawesi Selatan. Perubahan penggunaan material alami yang ramah lingkungan mengalami pergeseran dengan material pabrikasi yang marak digunakan pada rumah tradisional di Indonesia. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap kelestarian Tongkonan serta dampaknya terhadap lingkungan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perubahan yang terjadi pada konstruksi saat ini dari Tongkonan yang ada di Desa Panta’nakan Lolo dan pengaruhnya terhadap desain bangunan itu sendiri. Perubahan penggunaan material bangunan alam ke material hasil industri telah bercampur, hal ini didasarkan pada temuan yang didapatkan melalui survei dan wawancara dengan pemilik sehingga didapatkan informasi yang kemudian diolah dan disampaikan secara kualitatif deskriptif. Adapun keunggulan material alam dan kuatnya tradisi, maka penggunaan material alam masih dapat dipertahankan dan diharapakan dapat digunakan secara berkelanjutan dengan tetap menjaga ketersedian material alam tersebut di alam Toraja.


Keywords


Sustainable Development

Full Text:

PDF

References


Anselm Strauss, J. M. (1998). Basics of Qualitative Research. SAGE Publications.

Oktawati, E. (2021). Karakteristik Struktur dan Konstruksi Banua Tamben. National Academic Jounal of Architecture, 62-70.

Rapoport, A. (1969). House Form and Culture. United States of America : Prentice Hall.

Sir, M. M. (2015). Model Tektonika Arsitektur Tongkonan Toraja. Prosiding SNST (pp. 44-49). Semarang: Universitas Wachid Hasyim.

Suharjanto, G. (2011). Membandingkan Istilah Arsitektur Tradisional Versus Arsitektur Vernakular: Studi Kasus Bangunan Minangkabau dan Bangunan Bali. ComTech Vol.2 No. 2 , 592-602.

Sumalyo, Y. (2001). Kosmologi Dalam Arsitektur Toraja. Dimensi Teknik Arsitektur, 64-74.

Toffin, G. (1994). Ecology And Anthropology Of Traditional Dwellings. International Association for the Study of Traditional Environments (IASTE), 9-20.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v11i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id