Penerapan Green Roof pada Perencanaan Gedung Olahraga Universitas Pembangunan Jaya

Elysa Damayanti, Ryan Septiady Nugraha

Abstract


Meningkatnya pembangunan gedung-gedung, dan banyaknya lahan kosong yang digunakan untuk pembuatan jalan, telah menimbulkan masalah terhadap lingkungan di sekitarnya. Teknologi green roof muncul sebagai salah satu konsep sustainable design dalam upaya untuk mewujudkan suatu bangunan yang lebih ramah terhadap lingkungannya. Fungsi penggunaan green roof pada suatu bangunan cukup beragam, antara lain sebagai ruang terbuka untuk interaksi, elemen estetis pada bangunan, ataupun hanya sebagai media penutup atap saja. Penetapan fungsi green roof tersebut selanjutnya akan berpengaruh pada berbagai hal lainnya mulai dari wujud desain lanskep, tipe green roof yang akan digunakan, sampai pada aspek pelaksanaan dan keteknisannya.

Olahraga merupakan kegiatan yang dapat memberikan kesehatan dan kesenangan kepada manusia. Universitas Pembangunan Jaya salah satu Universitas yang sedang memiliki banyak prestasi oleh mahasiswanya, dari hal tersebut menjadi alasan pembangunan Gedung Olahraga tersebut. Pembangunan Gedung Olahraga ini diharapkan dapat berdampak positif bagi perkembangan prestasi keolahragaan di Kampus Universitas Pembangunan Jaya.
Dalam segi teknis diperoleh fakta bahwa penggunaan green roof dapat memberikan pengaruh terhadap desain bangunan dalam beberapa hal meliputi pembebanan, penyediaan ruang untuk penempatan lapisan green roof, sistem drainase, hingga masalah pengairan pada tanaman. Dalam penggunaannya, green roof telah memberikan manfaat yang cukup beragam antara lain sebagai elemen estetis pada atap bangunan, media penurun radiasi panas sinar matahari, hingga sebagai stabilitator udara di sekitarnya.

Kata Kunci : Konsep Bangunan, Green Roof, Gedung Olahraga


Full Text:

PDF

References


Jaya, U. P. (2017). Sejarah Identitas dan Nilai. Obtenido de www.upj.ac.id: https://www.upj.ac.id/static-page/57/sejarah-identitas-dan-nilai

Menteng, R. A. (2012). Investigasi kinerja termal green roof sebagai pendingin pasif di iklim tropis. Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Nur’ain, R. D. (2017). ANALISIS KONSEP GREEN ROOF PADA KAMPUS SCHOOL OF ART, DESIGN AND MEDIA NTU SINGAPORE DAN PERPUSTAKAAN UI DEPOK. NALARs Jurnal Arsitektur, 161-168.

Nur’aini, R. D., Hantono, D., Razak, A., & Musyafa, A. (2017). APLIKASI GREEN ROOF PADA BANGUNAN MARINA BARRAGE SINGAPORE. 1-6.

Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan. (2011). Obtenido de www.jdih.setjen.kemendagri.go.id: http://www.jdih.setjen.kemendagri.go.id/files/KOTA_TANGERANG%20SELATAN_15_2011.pdf

SARI, L. P. (2013). STUDI POTENSI TAMAN ATAP UNTUK MENINGKATKAN LUASAN RTH KOTA. BOGOR: INSTITUT PERTANIAN BOGOR.




DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i0.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 WIDYAKALA: JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Redaksi Jurnal Widyakala
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Ciputat, 15413
Telp : 021-7455555 ext 1311
widyakala.journal@upj.ac.id