Transformasi Digital Majalah Hai Dalam Upaya Mempertahankan Eksistensi Brand

Emma Rachmawati Aliudin, Melisa Arisanty

Abstract


Industri media cetak di Indonesia semakin memasuki fase kepunahan. Dihentikannya majalah remaja Hai, salah satu majalah remaja populer di Indonesia, semakin memperkuat asumsi bahwa industri media cetak di Indonesia kian tergeser oleh kelompok media massa yang berbasis digital. Sejak Juni 2017, media yang sudah beroperasi dari tahun 1977 tersebut secara resmi berpindah total ke platform digital. Majalah Hai merupakan majalah bersegmentasi remaja yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia. Majalah ini memiliki peran penting dalam sejarah media cetak di Tanah Air dan terbukti berpengaruh besar dalam menginspirasi kaum muda Indonesia. Transformasi atau perpindahan dari platform cetak ke platform digital tidak dilakukan secara drastis namun melalui konsep multiplatform yang menggabungkan beberapa platform media (konvergensi). Upaya ini dilakukan untuk memberikan pilihan konten dan medium yang beragam dalam rangka menjawab tantangan perubahan pola konsumsi media dan trend penggunaan media di kalangan remaja saat ini. Dengan adanya gambaran fenomena tersebut perlu dilakukan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus untuk menganalisis secara mendalam latar belakang proses transformasi digital suatu media cetak dalam upaya mempertahankan eksistensi brand-nya. Dengan demikian, hasil penelitian ini akan berkontribusi sebagai landasan pengambilan kebijakan dalam mengembangkan industri media dan menunjukkan trend transformasi digital pada industri media saat ini.

 


Keywords


Transformasi Digital, Media Cetak, Eksistensi Brand

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36262/widyakala.v5i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 WIDYAKALA JOURNAL



Published by
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)
Universitas Pembangunan Jaya
Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru,
Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413 
Hotline: (021) 7455555 ext 454, Fax: (021) 29861525,
Email: widyakala.journal@upj.ac.id 
Website: http://p2m.upj.ac.id